1.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

Salam dan Bahagia sahabat semua. Pada kesempatan ini penulis akan membagikan pengalaman penulis saat mengikuti diklat Pendidikan Guru Penggerak pada tahap Demonstrasi Kontekstual Modul 1.1. Adapun rincian arahan kegiatan yang penulis ikuti adalah sebagai berikut:

Durasi : 4 JP (180 menit)
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (karya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).

Pada tahap ini penulis diarahkan mendesain sebuah strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’. Penulis menuangkannya dalam sebuah video sederhana dan mempublikasikannya sebagai wujud pemahaman, pemaknaan dan penghayatan yang penulis praktekkan dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara. Berikut video yang penulis buat:

Demikian pengalaman penulis saat mengikuti diklat pendidikan guru penggerak pada tahap Demonstrasi Kontekstual Modul 1.1. Penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun dari fasilitator, pengajar praktik, rekan-rekan Calon Guru Penggerak, dan para pembaca lainnya tetap penulis harapkan agar mampu lebih baik kedepannya.

Surata Nyoman

TEACHER / BLOGGER

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama