Salam dan Bahagia sahabat semua. Pada kesempatan ini penulis akan membagikan pengalaman penulis saat mengikuti diklat Pendidikan Guru Penggerak pada tahap Ruang Kolaborasi Modul 1.1. Adapun rincian arahan kegiatan yang penulis ikuti adalah sebagai berikut:
Durasi : 3 JP (135 menit)
Moda: Penugasan Kelompok
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat.
Ruang Kolaborasi memberikan ruang perjumpaan bagi penulis untuk berkolaborasi sesama CGP dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat untuk menebalkan laku murid dan menuntun kekuatan kodrat murid yang dapat diimplementasikan pada konteks lokal (budaya) daerah asal penulis. Hasil kolaborasi dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya menjadi dasar pengetahuan dan pengalaman baru dalam merefleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.
Penulis bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 5 orang untuk mengeksplorasi nilai-nilai luhur sosial budaya di daerah asal Anda dalam upaya menebalkan konteks diri (kekuatan kodrat) murid sebagai manusia dan anggota masyarakat. Indonesia memiliki keberagaman sosial budaya yang dapat menjadi kekuatan.
Adapun hasil penyelesian tugas yang berhasil penulis selesaikan secara kolaborasi bersama kelompok bisa dilihat link berikut https://bit.ly/3NjyL0x atau pada video berikut:
Demikian pengalaman penulis saat mengikuti diklat pendidikan guru penggerak pada tahap Ruang Kolaborasi Modul 1.1. Penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun dari fasilitator, pengajar praktik, rekan-rekan Calon Guru Penggerak, dan para pembaca lainnya sangat penulis harapkan agar mampu lebih baik kedepannya.