Pada kesempatan ini penulis akan membagikan pengalaman penulis saat mengikuti diklat Pendidikan Guru Penggerak pada fase Aksi Nyata Modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Rincian kegiatan pada fase ini sebagai berikut:
- Moda : Mandiri
- Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah.
Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA Modul 3.2, penulis diarahkan mengidentifikasikan sumber daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki sekolah. Identifikasi sumber daya sekolah dilakukan secara kolaboratif agar semua warga sekolah dapat bersama-sama mengetahui dan memanfaatkannya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Hasil dan proses pemetaan secara kolaboratif dilaporkan dalam bentuk yang sesuai dengan kreativitas CGP, misalnya berupa foto atau video, dan lainnya. Dokumentasi dari proses ini juga dinilai pada kunjungan pendampingan individu ke-6. Hasil identifikasi pemetaan aset sekolah juga digunakan kembali saat memasuki sesi demonstrasi kontekstual dalam modul 3.3. Nah, berikut adalah Aksi Nyata - Modul 3.2 yang telah penulis lakukan.