3.1.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 3.1

Salam dan Bahagia sahabat semua.

Pada kesempatan ini penulis akan membagikan pengalaman penulis saat mengikuti diklat Pendidikan Guru Penggerak pada fase 3.1.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 3.1. Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin. Rincian kegiatan yang penulis ikuti adalah sebagai berikut:

  • Durasi:  3 JP (135 menit)
  • Moda: Kerja Kelompok 
  • Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan.

Pada sesi ini, penulis melakukan kerja kelompok melalui web meeting. Dalam kerja kelompok kali ini, penulis berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama yaitu menjadi pemimpin pembelajaran yang bijaksana, cekatan dan mandiri pada sekolah/lingkungan masing-masing dalam keterampilan pengambilan keputusan yang memiliki unsur dilema etika.

Petunjuk penyelesaian tugas pada fase ini adalah sebagai berikut:

1. Setiap kelompok (yang terdiri dari 3 - 4 orang) ditugaskan mencari suatu studi kasus yang berisi suatu unsur dilema etika. Sumber studi kasus pilihan bisa didapatkan dari:

  • Studi kasus nyata dari salah satu anggota kelompok yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.
  • Studi kasus nyata (bukan studi kasus anggota kelompok) yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.
  • Studi kasus nyata yang termuat di sebuah media yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.
2. Dari studi kasus pilihan tersebut, tugas setiap kelompok adalah menentukan:

  • Paradigma apa yang digunakan dalam studi kasus pilihan?
  • Prinsip mana yang mendasari pilihan pengambilan keputusan yang diambil?
  • Tahapan pengambilan dan pengujian terhadap studi kasus pilihan, apakah telah tepat, atau belum? Mengapa? Masihkah ada pertanyaan-pertanyaan lanjutan dalam benak, apakah pilihan pengambilan keputusan ini telah tepat?

3. Setiap anggota kelompok hendaknya membagi pengalaman dan gagasannya dalam pengambilan keputusan terhadap studi kasus pilihan. Perhatikan Daftar Tugas/Checklist yang disiapkan pada tautan berikut di bawah ini, agar lebih mempermudah tugas kelompok dan memastikan unsur-unsur utama dari penugasan kolaborasi:

  • Tuangkan hasil kerja kelompok dalam format presentasi.
4. Selanjutnya perhatikan rubrik asesmen yang disediakan, untuk penilaian kualitas isi dari studi kasus pilihan (pemilihan paradigma, prinsip dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan) serta bentuk kerja bersama (kolaborasi) yang diperlihatkan pada saat forum diskusi.

Hasil kolaborasi yang penulis lakukan pada fase ini bisa dilihat pada pada video berikut.

Demikianlah pengalaman penulis pada fase Ruang Kolaborasi Modul 3.1. Penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun dari fasilitator, pengajar praktik, rekan-rekan Calon Guru Penggerak, dan para pembaca lainnya tetap penulis harapkan agar mampu lebih baik kedepannya.
Surata Nyoman

TEACHER / BLOGGER

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama