Salam dan Bahagia sahabat semua.
Pada kesempatan ini penulis akan berbagi pengalaman penulis mengikuti diklat Pendidikan Guru Penggerak pada fase Ruang Kolaborasi Modul 2.1. Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
Durasi : 3 JP
Moda : Diskusi Daring
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan refleksi kolaboratif untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi.
Pada fase ini penulis kembali mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan sesama CGP untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi. Penulis bersama rekan kelompok diminta menganalisis skenario pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang beragam. Setiap kelompok menganalisis satu skenario pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pemandu berikut ini:
- Dari skenario pembelajaran yang telah ditelaah, apakah kebutuhan belajar murid yang berusaha dipenuhi oleh guru tersebut? Bagaimana cara guru tersebut menentukan kebutuhan belajar muridnya?
- Strategi pembelajaran berdiferensiasi apa yang digunakan?
- Bagaimana guru tersebut melakukan penilaian?
Hasil analisis skenario pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi penulis lakukan bisa diamati pada dokumentasi berikut:
Demikianlah pengalaman penulis saat mengikuti diklat pendidikan guru penggerak pada fase Ruang Kolaborasi Modul 1.4. Penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun dari fasilitator, pengajar praktik, rekan-rekan Calon Guru Penggerak, dan para pembaca lainnya sangat penulis harapkan agar mampu lebih baik kedepannya.