Salam dan Bahagia sahabat semua.
Pada kesempatan ini penulis akan berbagi pengalaman penulis mengikuti diklat Pendidikan Guru Penggerak pada fase Eksplorasi Konsep - Modul 2.1. Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
Durasi : 3 JP
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP dapat menjelaskan apa konsekuensi dari keragaman murid-murid yang ada di kelas mereka.
- CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi.
- CGP dapat menjelaskan bagaimana cara mengetahui kebutuhan belajar murid.
Pada bagian akhir dari eksplorasi konsep sebelum penulis masuk ke alur belajar berikutnya, penulis diminta menyimpulkan pemahaman penulis tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer. Diagram Frayer adalah pengatur grafis untuk membantu membangun pemahaman atas kosakata atau terminologi tertentu. Teknik ini menuntut seseorang untuk mendefinisikan kosakata atau terminologi yang menjadi target dan menerapkan pemahamannya dengan mengidentifikasi apa yang merupakan contoh dan bukan contoh, memberi ciri, dan/atau mendeskripsikan arti kata tersebut. Informasi ini ditempatkan pada bagan yang dibagi menjadi empat bagian untuk memberikan representasi visual.
Ketentuan diagram frayer tentang Pembelajaran Berdiferensiasi yang menjadi tagihan tugas pada fase ini menjelaskan tentang:
- Apa definisi pembelajaran berdiferensiasi?
- Apa saja ciri-ciri/karakteristik pembelajaran berdiferensiasi?
- Contoh-contoh pembelajaran berdiferensiasi?
- Yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi?
Berikut adalah diagram frayer yang penulis buat:
Demikianlah pengalaman penulis saat mengikuti diklat pendidikan guru penggerak pada fase Eksplorasi Konsep - Modul 2.1. Penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun dari fasilitator, pengajar praktik, rekan-rekan Calon Guru Penggerak, dan para pembaca lainnya sangat penulis harapkan agar mampu lebih baik kedepannya.