3.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.1

Salam dan Bahagia sahabat semua.

Pada kesempatan ini penulis akan membagikan pengalaman penulis saat mengikuti diklat Pendidikan Guru Penggerak pada fase Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.1. Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin. Rincian kegiatan yang penulis ikuti adalah sebagai berikut:

Durasi :  4 JP

Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat melakukan suatu analisis atas penerapan proses pengambilan keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang berbagai paradigma, prinsip, pengambilan dan pengujian keputusan di sekolah asal masing-masing dan di sekolah/lingkungan lain.

Pada kesempatan ini para CGP termasuk penulis diberikan kesempatan untuk meninjau materi di modul 3.1 dengan konteks lokal yang Anda hadapi. Dalam hal ini, kesempatan tersebut berupa mengadakan wawancara dengan pimpinan/kepala sekolah tentang praktik pengambilan keputusan selama ini di sekolah asal penulis, dan juga di tempat/lingkungan lain. Hasil wawancara ini penulis analisis berdasarkan konsep-konsep yang telah dipelajari di modul 3.1. Hasil analisis ini dijadikan sebuah refleksi atas praktik pengambilan keputusan dilema etika yang telah dijalankan di sekolah asal penulis dan di sekolah-sekolah lain di lingkungan penulis.

Ketentuan Wawancara dengan Pimpinan/Kepala Sekolah yang penulis harus penuhi adalah sebagai berikut:

  1. Anda diminta untuk mewawancarai 2-3 pimpinan (kepala sekolah) di lingkungan Anda (salah satunya adalah pimpinan di sekolah asal Anda).
  2. Hasil wawancara ini adalah untuk mendapatkan sebuah wacana tentang praktik pengambilan keputusan yang selama ini dijalankan, terutama untuk kasus-kasus yang di mana nilai-nilai kebajikan saling bersinggungan, atau untuk kasus-kasus dilema etika yang sama-sama benar.
  3. Apa yang selama ini dilakukan pimpinan-pimpinan tersebut, praktik apa yang selama ini dijalankan?
  4. Analisis praktik pengambilan keputusan dilema etika tersebut di antara para pemimpin yang Anda wawancarai, dan kaitkan dengan pengetahuan Anda sendiri tentang 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengujian.
  5. Analisis dan lakukan refleksi atas hasil wawancara tersebut. Silakan unggah hasil wawancara dan refleksi Anda dalam bentuk video/audio/tertulis.

Dokumentasi Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.1 yang penulis buat bisa diamati pada video berikut.
Demikianlah dokumentasi Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1 yang penulis buat. Penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun dari fasilitator, pengajar praktik, rekan-rekan Calon Guru Penggerak, dan para pembaca lainnya tetap penulis harapkan agar mampu lebih baik kedepannya.
Surata Nyoman

TEACHER / BLOGGER

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama