Salam dan Bahagia sahabat semua.
Pada kesempatan ini penulis akan membagikan pengalaman penulis saat mengikuti diklat Pendidikan Guru Penggerak pada fase Ruang Kolaborasi Modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Rincian kegiatan yang penulis ikuti adalah sebagai berikut:
- Durasi : 3 JP (135 menit)
- Moda: Forum Diskusi 1
- Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif.
Pada sesi pembelajaran modul 3.2 kali ini, penulis sudah masuk pada fase Ruang Kolaborasi. Penulis kembali berkolaorasi dengan CGP lainnya dalam menyelesaikan tugas kelompok mengidentifikasi sumber daya.
Arahan kegiatan kali ini sebagai berikut:
- Buatlah kelompok yang terdiri atas 3-4 anggota. Masing-masing kelompok terdiri atas guru dengan jenjang yang berbeda namun berasal dari daerah yang sama atau berdekatan. Tentukan daerah sesuai dengan kondisi lingkungan yang serupa pada masing-masing peserta CGP.
- Dari masing-masing sumber daya tersebut, setiap kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya.
TAGIHAN: Hasil pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil pemetaan/identifikasi bisa dalam bentuk poster, tabel, mind map, dan lain-lain.
Hasil kolaborasi pemetaan aset yang daerah penulis miliki bisa dilihat pada video berikut.
Demikianlah dokumentasi Ruang Kolaborasi Modul 3.2 yang penulis buat. Penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun dari fasilitator, pengajar praktik, rekan-rekan Calon Guru Penggerak, dan para pembaca lainnya tetap penulis harapkan agar mampu lebih baik kedepannya.