Pada kesempatan ini penulis akan membagikan pengalaman penulis saat mengikuti diklat Pendidikan Guru Penggerak pada fase Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3.Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Rincian kegiatan yang penulis ikuti adalah sebagai berikut:
Durasi: 4 JP (180 menit)Moda: Penugasan Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.
Saat ini penulis telah sampai pada fase Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3. Dalam tahapan ini, penulis membuat perencanaan program/kegiatan yang lebih detail di sekolah masing-masing. Penulis diberikan memilih apakah kegiatan atau program yang ingin dirancang berupa kegiatan atau program intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler. Hal terpenting adalah saat merancang program/kegiatan tersebut, harus menggambarkan bagaimana suara, pilihan, kepemilikan murid akan didorong, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang akan mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid tersebut.
Dalam hal ini, penulis dan CGP lainnya dapat memanfaatkan ide-ide yang telah didiskusikan dalam tahap ruang kolaborasi untuk menyusun rumusan prakarsa perubahan bagi sekolah masing-masing. Kemudian, menggunakan kerangka manajemen perubahan BAGJA (yang telah dipelajari di modul-modul sebelumnya) dengan menyusun pertanyaan dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam setiap tahapan BAGJA tersebut dengan mempertimbangkan:
- poin-poin mana dalam komponen Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan melalui program/kegiatan ini,
- aset dan kekuatan mana yang telah dimiliki sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan program/kegiatan ini,
- mana saja karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat dibangun melalui program/kegiatan ini.
- bagaimana suara, pilihan, dan kepemilikan murid akan diwujudkan melalui program/kegiatan ini.